Kelebihan dan Kekurangan Makanan Basah Kucing yang Harus Anda Tahu

Kucing adalah salah satu hewan peliharaan yang cukup banyak diminati banyak orang. Selain lucu dan menggemaskan kucing bukanlah salah satu predator yang cukup buas. Karena tabiat kucing yang lemah lembut ini barangkali ini yang menjadikan banyak orang tertarik memelihara kucing di rumah.

Bahkan dalam satu rumah saja terdapat beberapa kucing peliharaan. Tingkah laku yang menggemaskan sekaligus sebagai penjaga rumah dari hewan-hewan mengganggu seperti ular, kecoa, tikus dan sebagainya. Ya kucing selain hewan peliharaan juga bertugas sebagai penjaga rumah majikannya.

Nah mengenai persoalan makanan seperti apa sih yang baik untuk kucing. Secara umum memang kucing bisa mencari sendiri makanan di luar rumah. Tetapi masalahnya karena ruang gerak mereka dibatasi jadi kita tidak akan membiarkan begitu saja dong kucing kelaparan karena mereka hanya mencari makanan sekitar rumah saja.

Pada umumnya ada dua jenis makanan untuk kucing peliharaan. Diantaranya adalah makanan basah dan makanan kering. Untuk makanan basah kucing sendiri sebenarnya anda bisa membuat sendiri di rumah atau juga dengan membeli yang sudah dikemas.

Ada juga yang memberikan kucing dengan makanan kering. Makanan kering dipilih banyak orang karena memang tidak merepotkan dan cukup simpel. Cukup beli kemasan makanan kucing yang besar dan tiap hari kita tinggal tuangkan saja dalam wadah atau pun langsung berikan pada kucing.

Makanan basah kucing sendiri memiliki kelebihan dan kekurangan. Salah satu kekurangannya adalah memang harganya yang lebih mahal jika dibandingkan dengan makanan kering.

Nah berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan makanan basah kucing :

Kelebihan

  • Makanan basah pada kucing sangat baik jika kucing sedang punya masalah pada kondisi kesehatan. Misalnya kesehatan pencernaan sedang tidak baik.
  • Menjaga supaya kucing tetap terhidrasi karena makanan basah kucing punya kadar air yang cukup.
  • Makanan basah punya aroma yang lebih berselera untuk kucing ketimbang makanan kering.
  • Bermanfaat untuk menguatkan otot dan tulang-tulang kucing.
  • Makanan basah punya tekstur lembut dan mudah dicerna

Kekurangan

  • Harga jelas lebih mahal ketimbang makanan kering
  • Makanan basah kucing dikemas untuk sekali saji sehingga jika dibiarkan terbuka maka kualitas makanan berkurang.
  • Penyimpanan makanan basah kucing relatif lebih sulit dan tidak tahan lama ketimbang makanan kering
  • Tidak praktis jika dibandingkan makanan kering kucing.

Nah itulah tadi beberapa kelebihan dan kekurangan makanan basah untuk kucing yang harus anda tahu. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply