Trik atau Cara Mengatasi HP Android Mati Total dengan Mudah

Trik atau Cara Mengatasi HP Android Mati Total dengan MudahSaat ini smartphone banyak menggunakan sistem operasi Android yang bersifat open source besutan dari Google. Karena sifatnya ini, Android memiliki begitu banyak fitur yang ditawarkan melalui aplikasi maupun game yang memanjakan penggunanya. Meskipun demikian, sistem operasi ini juga terkadang memiliki masalah yang kerap muncul pada smartphone yang menggunakan OS Android.

Terdapat beberapa masalah yang sering muncul, diantaranya ialah HP mati total. Jika hal tersebut terjadi, kebanyakan dari pengguna smartphone langsung memilih untuk men-service-nya ke konter. Padahal masalah tersebut dapat kita atasi sendiri tanpa harus membawa smartphone kita ke konter dan membayar biaya service. Jika anda mengalami kejadian HP Android mati total, berikut ini solusi yang dapat memperbaiki HP mati total.

cara mengatasi HP mati total

Berikut ini 3 Cara mengatasi HP Android mati total

1. Melepaskan semua komponen yang ada

Jika HP android mati total, hal yang perlu kita lakukan ialah melepaskan baterai, SIM Card, micro SD, dan juga komponen lainnya. Tunggu dan diamkan HP anda selama 20 menit, setelah itu pasang kembali semua komponennya dan nyalakan HP anda. Jika perangkat Android telah nyala, maka langsung lakukan flashing.

Apabila cara diatas belum berhasil, lakukan cara selanjutnya.

2. Sambungkan HP Android dengan perangkat komputer

Seperti cara pertama, lepaskan semua komponen yang ada pada HP Android yang mati total (baterai, SIM card, dan juga micro SD). Sambungkan HP dengan perangkat komputer menggunakan kabel USB. Kemudian tekan tombol power, volume up, dan volume down pada perangkat smartphone dalam waktu bersamaan hingga terdengan suara ‘beep’ di komputer. Jika tidak terdengar bunyi ‘beep’, maka kembali kita tekan ketiga tombol tersebut antara 1-3 menit. Setelah berhasil, pasang kembali semua komponen yang dilepas dan nyalakan HP tersebut. Jika berhasil lakukan flashing pada perangkat Android anda.

Jika kedua cara diatas masih juga belum berhasil, maka lakukan cara alternnatif selanjutnya.

3. Menggunakan software “One Click Unbrick” 

Persiapkan terlebih dahulu perangkat komputer yang memiliki program Java. Kemudian download software One Click Unbrick pada perangkat komputer. Sambungkan HP Android yang mati total tersebut dengan perangkat komputer, kemudian buka software One Click Unbrick. Klik ‘unsoft brick’ yang terdapat pada software tersebut dan tunggu hingga pesan error muncul kemudian pilih opsi ‘Resolution Center’. Setelah itu, klik ‘extract current folder’ dibagian folder heimdall.

Copy-kan file ‘one click loader’ dan juga ‘one click unbrick’ yang telah di download pada folder heimdall. Klik kanan pada software ‘one click loader’, dan pilih ‘run as administrator’. Setelah itu, klik menu ‘unsoft brick’ dan akan muncul kembali Pesan error. Biarkan saja pesan tersebut, kemudian restart komputer. Lepaskan kabel USB, kartu SIM, micro SD dan juga baterai dari smartphone. Setelah beberapa saat, pasang kembali semua komponen yang dilepas dan nyalakan HP. Masuklah ke mode download dengan cara menekan tombol home + power + volume bawah untuk melakukan flashing.

Demikian 3 Cara mengatasi HP Android mati total. Perlu diketahui, ketiga cara tersebut dilakukan jika permasalahannya terletak pada software Androidnya. Semoga bermanfaat, teknopintar.com

Trik atau Cara Mengatasi HP Android Mati Total dengan Mudah | ryan | 4.5