Tips Memilih Mini Printer Kasir Untuk Nota

Mini printer adalah printer kecil atau disebut juga printer kasir yang dipakai untuk mencetak struk pembelanjaan item tertentu. Jika anda adalah seorang pemilik usaha yang memiliki penjualan massive setiap hari, anda mungkin harus memiliki mini printer untuk bisnis anda. Nah untuk memilih berbagai jenis printer anda harus mebaca tips memilih printer kasir dibawah ini.

Saat ini printer kasir mengadopsi 2 jenis teknologi yakni dot martrik dan thermal. Mungkin anda bertanya-tanya apa sih pengertian kedua istilah tersebut. Jangan khawatir, dalam artikel ini kita akan jelaskan secara rinci.

1. Dot Matrik

Jenis printer dot matrik memiliki harga yang lebih miring ketimbang yang thermal. Karena harga murah tersebut, printer mini jenis ini banyak dipakai terutama oleh para bisnis yang baru memulai. Namun dibalik harganya yang murah tentu saja ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika anda menjatuhkan pilihan membeli printer kasir jenis ini.

Jenis printer kasir ini harganya relatif lebih murah jika dibandingkan dengan thermal, tidak heran jika banyak minimarket yang menggunakannya. Akan tetapi, ada beberapa kelemahan yang tampaknya akan menjadi pertimbangan anda jika memilih printer jenis ini.

  • Printer jenis dot matrik ini suaranya berisik karena memakai teknologi pin head. Bagi anda yang tidak menyukai suara berisik printer kasir, bisa abaikan saja dan membeli produk printer lain.
  • Dibandingkan printer mini jenis thermal, untuk kecepatan cetak juga lambat.
  • Printer kasir jenis dot matrik memiliki biaya perawatan lebih mahal. Ini dikarenakan banyak pelaku bisnis lebih memakai jenis kertas yang murah yang berserat tinggi sehingga bisa membuat pin heda printer cepat rusak. Jika sudah bermasalah, perbaikannya dapat mengganti modul keseluruhannya. Ini yang bikin perawatannya mahal.

2. Thermal

Printer kasir jenis ini bisa dibilang salah satu printer mini terbaik. Jika anda mencari printer-printer ini di restoran atau cafe mungkin sangat jarang ditemukan. Karena memang punya harga yang lebih mahal. Mengenai jenis kertas pun juga harus yang kertas premium. Namun jika berbicara mengenai kualitas dan performa printer ini tidak usah ditanyakan lagi. Ada banyak sekali keunggulan jika dibandingkan dengan printer jenis dot matrik.

Berikut beberapa kelebihan printer mini thermal :

  • Printer mini jenis ini memiliki kecepatan yang luar biasa dalam mencetak struk. Bayangkan saja, jika jenis dot matrik hanya mampu mencetak 3 baris dalam 1 detiknya, untuk jenis thermal bisa mampu mencetak kurang lebih 20 baris. Sehingga perbandingannya pun hampir 7 kali lipat.
  • Jika dalam mencetak struk ada jenis gambar atau logo, maka untuk kemampuan mencetaknya, printer jenis thermal bisa lebih baik jika dibanding dot matrik.
  • Jika anda melihat dari sisi biaya maintaince nya, tentu saja biaya printer thermal lebih mahal dibanding dot matrik. Namun untuk biaya seperti harga pita ribbon, harga spare part nya lebih murah jika dibanding dot matrik yang mahal. Untuk biaya penggantian banyak spare part pun printer thermal lebih murah jika dibanding dot matrik.

Kesimpulan

Setelah anda membaca kedua jenis printer diatas, sudah tentu sekarang anda bisa memilih bukan printer kasir jenis apa yang akan anda pilih. Untuk keperluan tersebut sangat bergantung dengan bisnis anda. Jika bisnis anda termasuk melayani penjualan yang padat sudah tentu printer thermal solusinya karena bisa mencetak struk lebih cepat sehingga menghemat waktu kasir melayani pelanggannya. Namun jika sebaliknya, memilih printer kasir jenis dot matrik bisa jadi solusi yang bagus untuk menghemat biaya pengeluaran juga.

Tips Memilih Mini Printer Kasir Untuk Nota | Makka El Fatih Setiawan | 4.5