Perbedaan, Kekurangan dan Kelebihan Windows 32-bit dan 64-bit

Perbedaan, Kekurangan dan Kelebihan Windows 32-bit dan 64-bitJika kita akan menginstall sesuatu pada perangkat PC atau laptop, baik itu sistem operasi, driver, software/aplikasi, maka kita akan menemukan istilah 32-bit dan 64-bit. Bagi orang awam, istilah tersebut mungkin terdengar asing dan tidak mengetahui apa yang dimaksud dengan istilah bit tersebut. Untuk itu kami akan memberikan penjelasan sedikit tentang pengertian dan perbedaan dari 32-bit dan 64-bit.

Sebenarnya istilah 32-bit dan 64-bit ini mengacu pada kemampuan suatu CPU atau Processor dari sebuat laptop atau PC dalam menangani bit-bit informasi. Processor sendiri memiliki sebuah tempat penyimpanan data yang bersifat sementara, dimana tempat tersebut dikenal dengan nama Register yang digunakan untuk mempercepat proses eksekusi dari suatu informasi yang diterima. Bit sendiri mengacu pada lebar dari register (tempat penyimpanan data sementara), sehingga dapat disimpulkan bahwa register 64-bit dapat menyimpan lebih banyak data jika dibandingkan dengan register 32-bit.

Besar lebarnya suatu Register sangatlah berpengaruh, terlebih dalam hal pemanfaatan memori RAM. Misalkan kita memiliki CPU dengan registernya 32-bit, maka secara perhitungan matematika CPU tersebut memiliki 2 pangkat 32 alamat yang ada pada registernya. Dengan demikian memori yang bisa di akses oleh CPU tersebut terbatas, karena hanya dapat mengakses hingga 4GB RAM. Jika kita mengikuti perhitungan tadi, maka secara teori CPU dengan register 64-bit bisa bekerja hingga 17 juta GB memori RAM. Selain itu, kelebihan CPU dengan register 64-bit ini juga mampu menyelesaikan tugas dua kali lebih cepat.

Hubungan arsitektur Processor 32-bit dan 64-bit dengan sistem operasi ialah untuk memaksimalkan performa laptop atau PC kita. Karena kita harus menyesuaikan antara versi operating sistem dengan jenis Prosesor yang ada. Jika kita menggunakan laptop atau PC dengan prosesor 64-bit maka sebaiknya kita install sistem operasi dengan versi 64-bit. Prosesor 64-bit dapat diinstall sistem operasi 32 bit, namun untuk prosesor 32-bit hanya dapat menginstall sistem operasi dengan versi 32-bit.

Jika kita belum mengetahui prosesor yang kita miliki support 32-bit atau 64-bit, terdapat dua cara yang akan kami sampaikan untuk dapat mengetahui apakah prosesor tersebut support 32-bit atau 64-bit.

1. Cara pertama kita dapat melihat langsung informasi prosesor pada System Properties.

  • Jika menggunakan Windows 7, kita dapat melihatnya dengan cara klik Kanan pada icon “My Computer” yang terdapat pada desktop atau Start
  • Kemudian pilih Properties dan akan muncul tampil seperti ini:Properties windows 7

2. Cara kedua kita dapat menggunakan bantuan aplikasi Securable [Download di disini https://www.grc.com/securable.htm]. Aplikasi dengan ukuran 115 KB ini akan langsung memperlihatkan Prosesor kita support 64-bit atau tidak. Berikut ini contoh tampilannya:

software Securable

Kelebihan Sistem Operasi versi 64-bit

Salah satu kelebihan menggunakan sistem operasi versi 64-bit ialah dapat memaksimalkan penggunaan memori. Karena jika kita menggunakan OS Windows 7 versi 64-bit maka besarnya memori RAM yang terpasang seluruhnya dapat kita manfaatkan, selain itu juga pemrosesan data akan lebih cepat. Kekurangan Windows 7 versi 32-bit hanya dapat mengenali memori RAM sebesar 4GB, meskipun memori RAM yang terinstall sebesar 8 GB.

Kekurangan sistem operasi versi 64-bit

Kekurangannya mungkin terletak pada kesulitan dalam instalasi aplikasi yang masih belum support pada sistem operasi versi 64-bit. Termasuk driver dari hardware keluaran lama yang hanya menyediakan driver untuk OS windows versi 32-bit.

Demikian ulasan yang dapat kami sampaikan mengenai Perbedaan, Kekurangan dan Kelebihan Windows 32-bit dan 64-bit. Semoga bermanfaat, teknopintar.com

Perbedaan, Kekurangan dan Kelebihan Windows 32-bit dan 64-bit | ryan | 4.5