Cara Menghemat Baterai Android

Cara Menghemat Baterai AndroidAndroid memang dikenal sangat boros dalam menggunakan baterai, hal ini dikarenakan banyaknya aplikasi yang terinstal di dalamnya dan rata-rata semua berjalan dalam waktu bersamaan. Karena baterai android ini cepat habis, maka penggunaannya pun menjadi tidak maksimal. Memang anda dapat menggunakan power bank untuk dapat mengisi daya baterai ketika daya sudah habis, namun cara ini dinilai kurang praktis. Untuk itu ada beberapa hal yang perlu anda ketahui terkait cara menghemat baterai android yang anda miliki, sehingga anda tidak perlu mententeng power bank kemana-mana. Untuk pembahasan lebih lanjut, ikuti tips di bawah ini.

Tips menghemat baterai android

Untuk dapat menghemat baterai andoid, anda perlu melakukan beberapa cara mudah yang dapat dipastikan benar-benar mampu menghemat penggunaan daya baterai android anda. Cara menghemat baterai android yang pertama adalah dengan mematikan fitur gps yang ada dalam android. Sebab fitur ini akan selalu menyerap daya baterai karena aktif dimana saja anda berada. Sehingga disarankan hanya menyalakan fitur gps pada saat diperlukan saja. Selanjutnya usahakan juga mematikan wi-fi dan bluetooth ketika tidak digunakan. Sebab fitur-fitur ini hanya akan menghabiskan baterai tanpa ada gunanya. Nyalakan keduanya jika memang sedang dibutuhkan saja. Selain itu lebih baik anda melakukan setting ulang terhadap waktu sleep android anda. Pilih waktu yang paling singkat karena dengan begitu ketika android tidak digunakan dapat melakukan sleep tanpa membuang dayanya.

Cara Menghemat Baterai Android

Langkah selanjutnya yang dapat anda gunakan sebagai cara menghemat baterai android adalah dengan mengatur tingkat kecerahan (brightness) pada android. Ubah pengaturan kecerahan pada setting standar agar baterai dapat bertahan lebih lama dari biasanya. Jangan sampai terlalu cerah karena dapat memperpendek usia baterai. Lanjutkan dengan mengurangi volume volume dan lebih baik untuk tidak menggunakan efek getar. Baterai android juga dapat dihemat dengan cara mematikan layanan sync yang biasanya mengirimkan pemberitahuan dari beberapa sosial media yang anda miliki. Gunakan fitur ini jika memang diperlukan saja, sehingga penggunaan baterai android akan efisien. Anda juga disarankan untuk memanfaatkan koneksi wi-fi dan mematikan koneksi internet yang lainnya. Penggunaan hotspot wi-fi ini dinilai lebih memudahkan android dalam mengakses data internet.

Anda juga dapat mendownload aplikasi tertentu sebagai cara menghemat baterai android yang sangat jitu. Ada beberapa aplikasi yang sengaja dirancang untuk dapat menghemat penggunaan baterai pada android anda. Sebut saja aplikasi baterai dr. Saver dan juga task killer. Keduanya mampu menutup beberapa aplikasi yang memang sedang tidak dipergunakan secara otomatis.

Demikianlah pembahasan mengenai cara menghemat baterai android yang mudah dan simple. Dengan menerapkan cara ini, anda bahkan dapat melakukan penghematan listrik dan uang yang anda miliki. Selamat mencoba tips yang kami sajikan, semoga bermanfaat.

Cara menghemat baterai android dapat dilakukan melalui banyak jalan. Mulai dari mematikan beberapa aplikasi yang tidak diperlukan, hingga mendownload aplikasi penghemat baterai.

Cara Menghemat Baterai Android | ryan | 4.5