Cara Mengatasi HP Samsung Galaxy Lemot atau Lelet

Cara Mengatasi HP Samsung Galaxy Lemot atau LeletSamsung merupakan salah satu vendor smartphone dan tablet yang saat ini tengah naik. Salah satu produk yang dikeluarnya ialah seri Galaxy, tipe Samsung Galaxy telah banyak beredar dipasaran baik itu dalam bentuk smartphone atau tablet PC. Beberapa produk dari Samsung yang menyandang nama Galaxy ialah Samsung Galaxy Young, Fame, Note, Grand, Mini, Tab, S3, S4, S5 dan masih banyak lagi yang lainnya.

Meskipun nama besar Samsung telah merajai pasar gadget, namun produk yang dihasilkannya tetap memiliki beberapa kelemahan. Hal ini wajar karena setiap brand pasti memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing, salah satunya ialah lemot atau lelet. Samsung Galaxy yang lemot atau lambat ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya kinerja dari prosesor, RAM, Memory dan GPU. Untuk itu teknopintar.com akan memberikan informasi mengenai Cara Mengatasi HP Samsung Galaxy yang Lemot atau Lelet dengan mudah.

cara-mengatasi-hp-samsung-galaxy-lemot-atau-lelet

Samsung Galaxy lemot

  1. Menonaktifkan aplikasi-aplikasi bawaan dari pabrik. Smartphone dalam kondisi baru telah dibekali dengan beberapa aplikasi bawaan dari pabrik, aplikasi tersebut dapat kita gunakan. Jika aplikasi bawaan pabrik tersebut tidak berguna atau jarang kita gunakan sebaiknya nonaktifkan aplikasi tersebut agar tidak membebani kinerja dari prosesor dan juga memori. Cara menonaktifkan aplikasi bawaan ialah buka menu settings/pengaturan –> apps/aplikasi –> pilih aplikasi yang akan dinonaktifkan –> kita dapat memilih untuk menghapus instalannya atau nonaktifkannya (apabila aplikasi tersebut telah terupdate, maka hapus instalannya dulu kemudian nonaktifkan aplikasi tersebut).
  2. Pindahkan aplikasi yang telah terinstal dari memori internal ke memori eksternal (SDCard) agar kinerja hardware tidak terbebani. Hal ini dapat kita lakukan secara manual atau bisa menggunakan bantuan aplikasi Link2SD.
  3. Hapus sampah yang ada pada smartphone secara berkala. Setiap aktifitas yang dilakukan pada Samsung Galaxy akan meninggalkan sampah, baik itu melakukan browsing, bermain game, atau bahkan hanya membuka aplikasi. Sampah smartphone ini biasanya berupa cache, histori, memori, dan yang lainnya. Kita dapat menggunakan aplikasi Clean Master untuk membersihkan sampah pada smartphone Samsung Galaxy yang kita miliki.
  4. Hindari penggunaan multitasking pada smartphone Galaxy. Multitasking ialah menjalankan beberapa aplikasi dalam waktu yang berbarengan. Contohnya memainkan game, membuka browser, memutar musik dan video, serta radio secara bersamaan. Hal tersebut akan sangat memberatkan kinerja dari prosesor serta memori RAM Samsung Galaxy yang kita miliki.
  5. Jika semua cara diatas telah anda lakukan namun Samsung Galaxy anda masih lemot atau lambat, maka kita dapat melakukan soft atau hard reset. Upaya ini dapat mengembalikan smartphone kita kekondisi awal atau kondisi baru. Semua aplikasi serta file yang terdapat pada memori smartphone akan terhapus secara otomatis, sehingga tampak seperti baru dibeli karena pengaturan akan kembali ke default. Untuk itu, sebelum melakukan cara ini lebih baik kita membackup semua data dan file yang ada.
Cara Mengatasi HP Samsung Galaxy Lemot atau Lelet | ryan | 4.5