Cara Mengatasi Google Play Store yang Error

Cara Mengatasi Google Play Store yang ErrorBagi anda yang memiliki smartphone berbasis Android pasti tidak asing dengan aplikasi Google Play Store, dimana aplikasi tersebut merupakan tempat untuk kita men-download berbagai macam aplikasi yang kita butuhkan. Namun bagaimana jika terjadi permasalahan seperti tidak dapat mendownload pada Google Play Store atau terjadi crash, apa yang harus kita lakukan?

Teknopintar akan memberikan informasi mengenai cara mengatasi google play store yang error dengan berbagai macam cara dibawah ini.

Google Play Store Error

  1. Bersihkan Cache; Cache merupakan tempat penyimpanan data sementara yang dapat mempercepat jalannya Google Play, namun terkadang cache juga  malah menimbulkan permasalahan. Banyak kasus google play store error yang dapat diselesaikan hanya dengan membersihkan semua cache, caranya masuk menu Setting -> Apps -> All -> Google Play Store -> Clear Cache.
  2. Hapus Data Google Play Store; Jika langkah pertama masih belum memberikan hasil, maka kita harus mencoba untuk menghapus data pada aplikasi Google Play Store tersebut. Langkah ini akan mengembalikan keadaan aplikasi Google Play Store ke semula yang tidak memiliki data apapun. Caranya seperti cara pertama, namun langkah terakhir kita pilih Clear Data.
  3. ; Update aplikasi memang penting, namun dalam perjalannya update sebuah aplikasi malah menimbulkan masalah. Sama halnya pada aplikasi Google Play Store, langkah yang harus dilakukan ialah sama seperti langkah diatas namun bagian akhir kita memilih untuk Uninstall Updates.
  4. Hapus Cache Google Play Services; Jika ketiga cara diatas masih belum bekerja, coba kita hapus cache yang ada pada aplikasi Google Play Services. Caranya Setting -> Apps -> All -> Google Play Services -> Clear Cache.
  5. Aktifkan Download Manager; Hal lain yang perlu kita cek adalah apakah aplikasi download manager kita aktif tidak. Caranya Setting -> Apps -> All -> Download Manager kemudian aktifkan.
  6. Hapus Akun Google; Cara lain dapat dicoba ialah menghapus akun google dari perangkat anda kemudian login kembali. Cara menghapus Setting -> Accounts -> Google -> pilih akun yang akan di Remove kemudian restart perangkat anda. Cara menambahkan akun Google, Setting -> Accounts -> Add Account -> Google.
  7. Factory Data Reset; Cara ini dapat kita lakukan setelah mencoba semua cara diatas namun masih gagal. Caranya Setting -> Backup & Reset -> Factory data reset. Perlu diingat cara ini akan membuat perangkat kita seperti baru kembali dan semua data hilang.
  8. Edit Hosts File; Cara ini hanya untuk perangkat yang telah di root. Langkah-langkahnya ialah buka aplikasi file manager semacam Root Exploler, buka folder system/etc/hosts, kemudian edit awal angka pada baris kedua dengan menambahkan tanda #. Jika pada baris kedua terdapat angka 127.0.0.1 maka akan menjadi #127.0.0.1, simpan dan restart.

Demikian beberapa cara untuk mengatasi permasalahan pada Google Play Store yang Error. Semoga bermanfaat dan terimakasih, teknopintar.com

Cara Mengatasi Google Play Store yang Error | ryan | 4.5