Booting Lambat? Ini Cara Mempercepat Loading Windows 7

Booting Lambat? Ini Cara Mempercepat Loading Windows 7Loading computer yang sangat lama seringkali membuat jengkel, karena dapat menghabiskan waktu yang sebenarnya dapat dimanfaatkan untuk mengerjakan hal lain. Nah kini anda tak perlu khawatir lagi, ternyata banyak cara yang dapat anda tempuh untuk dapat mempercepat loading pada computer anda. Untuk kali ini, kami akan fokuskan pembahasan pada cara mempercepat loading windows 7 terutama ketika booting. Untuk lebih lanjutnya, simak pembahasan di bawah ini.

Tips mempercepat loading windows 7 saat booting

Ketika menyalakan computer atau laptop, saat itulah proses booting dimulai. Ada beberapa cara mempercepat loading windows 7 yang dapat anda terapkan pada computer anda. Langkah pertama lakukan disable pada driver yang sudah tidak digunakan lagi. Caranya mudah klik menu start kemudian klik pada area search program and files. Ketik device manager, maka akan muncul tampilan jendela device manager beserta berbagai macam driver yang terinstal dalam computer anda. Perhatikan berbagai macam driver tersebut, pilihlah driver-driver yang sekiranya tidak terpakai kemudian klik kanan pada driver tersebut dan klik disable. Cara ini digadang-gadang mampu mempercepat loading windows 7 karena banyaknya driver yang terinstal dalam computer akan mempengaruhi lamanya proses booting. Jadi semakin sedikit driver yang tersimpan, maka booting-nya pun juga akan semakin cepat.

Cara Mempercepat Loading Windows 7

Tips kedua yang dapat anda gunakan sebagai cara mempercepat loading windows 7 ketika booting adalah melalui delay service. Caranya sangat mudah, pilih menu start pada desktop anda. Letakkan kursor pada area search program and files, dan ketiklah run lalu tekan enter untuk membuka jendela run. Pada kotak open, tulislah services.msc kemudian tekanlah enter, maka jendela service akan terbuka. Pilihlah beberapa software yang sekiranya tidak berhubungan internal system windows atau network. Lebih aman lagi jika anda mendelay software yang disediakan oleh pihak ketiga. Setelah menemukan software tersebut, klik dua kali pada software tersebut dan muncullah jendela baru. Cari bagian startup type, dan pilih automatic (delayed start) lanjutkan dengan menekan tombol ok pada jendela. Ketika beberapa software ini melakukan delay secara otomatis, maka proses booting dipercaya akan menjadi lebih cepat dari biasanya.

Tips selanjutnya adalah dengan mengatur beberapa program yang ternyata dapat berjalan secara otomatis. Buka jendela run, kemudian ketiklah msconfig, maka jendela system configuration akan terbuka. Pilihlah menu startup, lalu hilangkan tanda centang yang terdapat pada startup item yang sekiranya tidak berhubungan dengan system atau driver pada computer. Misalnya saja jangan menghapus centang pada startup item yang memiliki label merk computer, microsoft corporation, merk prosesor, ataupun yang berlabelkan driver. Begitulah cara mempercepat loading windows 7 ketika proses booting.

Mudah bukan cara mempercepat loading windows 7 saat booting yang kami sajikan di atas. Semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Cara mempercepat loading windows 7 dapat dilakukan dengan berbagai cara, mulai yang mudah hingga beberapa cara yang mengharuskan anda untuk mengunduh aplikasi tertentu.

Booting Lambat? Ini Cara Mempercepat Loading Windows 7 | ryan | 4.5