Beberapa Cara Menghemat Kuota Data di Android

Beberapa Cara Menghemat Kuota Data di AndroidDisadari atau tidak, saat ini internet telah menjadi kebutuhan kita sehari-hari. Semakin pesatnya teknologi smartphone membuat kita dapat melakukan browsing ataupun chatting dimana saja dan kapan saja. Semua kegiatan tersebut membutuhkan data internet yang tidak sedikit. Bagi para pengguna Android yang memiliki banyak aplikasi chatting ataupun sosial media pasti akan merasakan kuota internetnya semakin hari semakin habis.

Hal tersebut terjadi karena beberapa foktor, diantaranya aplikasi yang selalu online dan memakan kuota. Seperti yang kita ketahui bersama, harga paket internet yang ditawarkan oleh sebagian provider cukup mahal, jadi kami akan memberikan informasi mengenai Cara Menghemat Kuota Data di Android. Simak ulasannya dibawah ini.

cara Menghemat Kuota Data

Cara Menghemat Kuota Data di Android:

1. Kenali aplikasi yang memakan banyak kuota data.

Beberapa aplikasi yang ada memang memudahkan kita terkoneksi ke internet, tetapi hal tersebut justru mebuat kuota kita boros karena memakan banyak data. Untuk melihat aplikasi apa saja yang banyak menyedot data, kita dapat lihat pada menu Settings -> Data Usage, disana terdapat daftar aplikasi yang menggunakan data internet. Jika kita menemukan aplikasi yang banyak memakan data, kita dapat langsung meng-uninstall atau mengganti aplikasi tersebut dengan aplikasi baru yang tidak memakan banyak data.

2. Batasi penggunaan data pada aplikasi.

Cara menghemat data lainnya ialah membatasi penggunaan data pada sebuah aplikasi yang memiliki opsi sinkronisasi dan opsi data. Caranya masuk ke Menu Settings pada aplikasi yang memakan banyak data kemudian pilih Back Up & Sync untuk melihat opsi penghematan data.

3. Non-aktifkan opsi sinkronisasi.

Selain pada menu setting aplikasi, cara menghemat kuota data dengan menon-aktifkan opsi sinkronisasi dapat kita lakukan melalui menu Settings -> Accounts -> kemudian pilih akun yang akan dinon-aktifkan.

4. Membatasi data di background (Restrict Background Data).

Cara yang satu ini dapat kita lakukan dengan masuk ke menu Settings -> Data Usage -> Tap tiga garis vertikal yang terletak pada kanan atas -> Restrict background data -> OK.

5. Membatasi mobile data.

Pada HP Android terdapat fitur data usage warning dan juga limit system. Kita dapat memanfaatkannya untuk memberikan peringatan ketika pemakaian data telah melewati batas. Caranya masuk ke menu Settings -> Data usage -> Celular data -> Set cellular data limit.

6. Gunakan fitur Chrome “Data Saver”

Bagi yang menggunakan Chrome browser, kita dapat memangkas penggunaan kuota data hingga 50% dengan cara mengaktifkan fitur Data Saver melalui Settings -> Data Saver -> ON.

7. Update aplikasi menggunakan WiFi.

Biasanya aplikasi pada Android akan secara otomatis melakukan update sendiri, hal ini akan memakan kuota. Namun hal tersebut dapat kita atasi dengan mengganti settingan pada update otomatis tersebut menggunakan opsi Wifi only. Caranya untuk mengaktifkan opsi tersebut kita harus masuk ke Play Store kemudian pilih menu Settings -> Auto-update apps -> Auto-update apps over WiFi Only.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai beberapa cara Menghemat Kuota Data di Android. Semoga bermanfaat, teknopintar.com

Beberapa Cara Menghemat Kuota Data di Android | ryan | 4.5